News Update :

Indonesia vs Laos 1:1, Indonesia di Tahan Imbang

25 Nov 2012



Indonesia gagal meraih hasil maksimal di laga perdana Piala AFF 2012 grup B. Menghadapi Laos yang tak diunggulkan, skuad Garuda hanya mampu meraih hasil imbang 2-2. Raihan satu poin ini menjadi hasil terbaik Laos menghadapi Indonesia yang telah bertahan 43 tahun.

Tim Merah Putih memulai laga perdananya di Piala AFF 2012 yang digelar di Bukit Jalil National Stadium Malaysia dengan baik. Dalam 15 menit pertama, Indonesia mampu menciptakan tiga peluang matang melalui Irfan Bachdim dan Bambang Pamungkas. Sayang tidak ada yang berbuah gol.

Laos sendiri yang bermain lebih banyak menunggu di lini belakang mempunyai peluang pada menit ke-20. sebuah serangan dari Khampheng Sayavutthi berhasil menembus pertahanan Indonesia, beruntung kiper Endra Prasetya masih mampu mengantisipasi dengan baik.

Bencana bagi Indonesia datang pada menit ke-28. Sebuah pelanggaran Endra Prasetya kepada pemain Laos di dalam kotak penalti membuatnya harus mengakhiri pertandingan lebih dini. Indonesia pun mendapat hukuman penalti yang berhasil dieksekusi dengan baik oleh Khampheng Sayavutthi. Skor 1-0 untuk keunggulan Laos.

Hanya berselang empat menit, giliran pemain Laos Sopha Saysana yang mendapat kartu merah dari wasit akibat melanggar dengan keras Andik Vermansyah. Sepuluh pemain Laos melawan sepuluh pemain Indonesia.

Indonesia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-42. Serangan bertubi-tubi skuad Garuda akhirnya berhasil menemui sasaran saat sundulan Raphael Maitimo memanfaatkan bola rebound hasil tendangan pojok tak mampu dihalau oleh pertahanan Laos.

Di babak kedua, Indonesia tak mengendurkan serangan ke pertahanan Laos. Hanya menyisakan Bambang Pamungkas sebagai target man di depan dan menggeser posisi Irfan Bachdim di sisi sayap.

Pada menit ke-63 peluang datang dari tim Laos. Sebuah tendangan bebas dari luar kotak penalti Indonesia hampir saja mengubah kedudukan. Beruntung kiper pengganti Wahyu Tri Nugroho masih mampu menepis tendangan yang mengarah ke gawang skuad Garuda.

Laos yang mengandalkan serangan balik cepat beberapa kali membuat pertahanan Indonesia kalang kabut. Salah satunya adalah peluang pada menit ke-70 melalui Keoviengpheth Lithideth. Sayang gol pemain bernomor punggung 8 tersebut dianulir wasit karena lebih dahulu menyentuh bola dengan tangan.

Kecepatan pemain Laos kembali menjadi momok pertahanan Indonesia. Sebuah serangan pada menit ke-80 melalui kaki Keoviengpheth Lithideth kali ini sukses menembus gawang Wahyu Tri setelah melewati dua pemain bertahan Timnas. Laos pun sementara unggul 2-1.

Kembali tertinggal, Indonesia terus berupaya untuk menyamakan kedudukan. Upaya tersebut akhirnya berhasil setelah Vendry Mofu sukses memaksimalkan bola rebound dari tendangan Andik pada menit ke-90.

Berhasil menyamakan kedudukan, Indonesia semakin gencar memberikan tekanan ke pertahanan Laos. Namun hingga pertandingan berakhir skor imbang 2-2 tetap bertahan.

Dengan hasil ini, maka Indonesia dan Laos sama-sama meraih satu poin di Piala AFF grup B. Hasil ini juga menjadi hasil terbaik pertama bagi Laos dari tujuh pertemuannya dengan Indonesia sejak 1969.

Susunan pemain

Indonesia: Endra Prasetya, Raphael Maitimo, Handi Ramdhan (Fachruddin Aryanto 71') , Wahyu Wijiastanto, Novan Setyo Sasongko, Andik Vermansyah, Tonnie Cusell, Muhammad Taufiq, Oktovianus Maniani (Wahyu Tri Nugroho 29'), Irfan Bachdim, Bambang Pamungkas (Vendry Mofu 65').

Laos: Sengphachan Bounthisanh, Phattana Syvilay, Ketsada Souksavanh, Khampoumy Hanevilay, Kovanh Namthavixay, Viengsavanh Sayyaboun (Kanlaya Sysomvang 88'), Soukaphone Vongchiengkam, Sopha Saysana, Visay Phaphouvanin (Khonesavanh Sihavong 73'), Vilayout Sayyabounsou (Keoviengpheht Lithideth 32'), Khampheng Sayavutth.
bola.net





Share this Article on :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© Copyright Sport,Music,Tourism, Business, Game 2012 | Design by koclok | Published by koclokindoblog| Powered by Blogger.com.