News Update :

Akankah Sepak Bola Nasional Terselamatkan?

18 Mar 2012

koclokindoblog.blogspot.com, -Kongres Tahunan PSSI Tahunan telah dibuka. Ini artinya perjuangan demi perbaikan sepak bola nasional telah dimulai. Banyak hal yang akan dibahas dalam kongres pertama PSSI di era Djohar Arifin Husin ini. Meski demikian, target utama dari Kongres Tahunan kali ini adalah menyelamatkan sepak bola nasional. Entah itu dari keterpurukan atau ancaman sanksi FIFA.

Ya, sanksi FIFA tengah membayangi sepak bola negeri ini. Ini tak lepas dari dualisme kompetisi yang tengah terjadi. Publik sudah mahfum, saat ini ada dua kompetisi profesional di Indonesia, yaitu Indonesian Premier League (IPL) dan Indonesia Super League (ISL). FIFA yang merupakan federasi tertinggi sepak bola dunia tak nyaman dengan dualisme itu.

Dalam suratnya pada tanggal 21 Desember 2011, FIFA memerintahkan PSSI untuk merangkul klub ISL yang dinyatakan liga ilegal. FIFA memberi batas waktu hingga tanggal 20 Maret 2012 untuk PSSI segera menyelesaikan masalah dualisme ini. Jika tidak, maka kasus ini akan dibawa ke Komite Asosiasi FIFA dengan ancaman sanksi yang siap dijatuhkan.

Sayang, hingga detik ini masalah ini belum terselesaikan. PSSI sudah berusaha dengan mengajak klub ISL untuk rekonsiliasi, namun ditolak karena dianggap terlambat. Setelah upaya ini gagal, PSSI kemudian membuat keputusan dengan berencana melegalkan ISL di kongres ini. "Kita terus mencari solusi. Upaya apapun akan kita lakukan agar kita tidak disanksi. Kongres ini juga rangkaian usaha kita untuk mencegah agar tidak ada hukuman," kata Djohar di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, tempat berlangsungnya kongres.

Lantas bagaimana jika upaya ini tetap tak membuahkan hasil? Djohar pun menyatakan pihaknya siap untuk "membujuk" FIFA agar tak mengeluarkan keputusan yang bisa merusak martabat negeri ini. "Kami tak ingin kita dihukum. FIFA khawatir kita tidak berusaha. Untuk itu kita akan sampaikan apa saja yang sudah dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini," jelas Djohar.

Ajang memperbaiki diri
Tak hanya misi menyelamatkan sepak bola nasional dari sanksi, kongres tahunan yang dibuka resmi oleh Gubernur Kalteng, Agustin Tenar Narang, ini juga bertujuan untuk memperbaiki "kerusakan" yang mengerogoti sepak bola kita. Dalam kongres nanti, PSSI akan memaparkan program kerja mereka selama empat tahun ke depan.

Salah satu program kerja yang akan dipaparkan adalah pembinaan usia dini demi tercapainya tim nasional yang mumpuni. Selain itu, PSSI juga akan membahas draft perubahan dan pengesahan hasil perubahan statuta PSSI. Tak diketahui secara rinci apa perubahan tersebut.

Dalam pertemuan ini pula, PSSI akan memaparkan laporan keuangan tahun 2011 dan mengesahkan anggaran PSSI tahun 2012. Kongres juga akan menguatkan hasil keputusan Komite Eksekutif soal format kompetisi, peserta kompetisi dan penyelenggaraan kompetisi.

Wirawan Kusuma | Glori K. Wadrian | Minggu, 18 Maret 2012 | 09:45 WIB
kompas.com


Share this Article on :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© Copyright Sport,Music,Tourism, Business, Game 2012 | Design by koclok | Published by koclokindoblog| Powered by Blogger.com.